Mencari sesuatu yang lebih baik dari hari kemarin adalah hal yang selalu kami kejar, begitu pula untuk memuaskan hasrat sahabat kita Mr.E yang menunggu mesinnya being under construction. Ini adalah persembahan kami bos. Bore Up 250 cc menuntut adanya perubahan sudut klep dengan membenamkan diameter payung oversize 2.00 dari ukuran standard, kita sengaja memakai rasio 0.46 untuk mengail torsi mesin ini, karena desain engine yang berubah karakter dari kecenderungan Square menjadi Overbore, jika memaksakan diameter klep lebih besar lagi rideability pada putaran bawah-menengah akan sangat ter korbankan. Sebenarnya patokan ini terinspirasi dari cylinder head Bajaj pulsar 200 cc yang berkonfigurasi 31mm dengan diameter bore 67mm, menghasilkan tenaga yang begitu enak dan lembutnya, mana juga masih irit bahan bakar, hmmm…Senyawa antara counter balance weight Honda, Piston Yamaha, dan konfigurasi klep India, semoga menghasilkan performa mesin Jepang yang kejam layaknya samurai namun lembut seirama tarian India Wahahahaha…
Pengalaman kami sebenarnya saat rubah sudut klep dari tukang bubutnya sudah dilengkapi dengan packaging sekalian klep nya, sayang setelah dibawa ke bengkel kualitas klep tidak sebagus yang kami harapkan… Karena ini adalah usaha custom klep kami yang pertama, benar-benar membuat klep baru. Dan dari sinilah hikmah itu muncul. Kami jadi berusaha mencari informasi, dimana sih yang bisa bikin klep istimewa sesuai permintaan kami. Akhirnya seorang sahabat memberi kabar, bahwa ternyata di dekat Rumah Bengkel kami ada sebuah workshop yang mampu menangani hal itu, jadi gak perlu lah mendatangkan dari Jawa Tengah, ataupun beli klep racing setengah juta itu, kita ingin semua made in surabaya, biar manteb gitu lho rek suroboyo maju bareng, Ayo Ayo!! Semua bersatu
Maka terciptalah Klep custom made by R.A.T dibuat khusus pesanan bahan dari Germany alias Jerman, apa istimewanya? Tentu beda, klep dengan bahan baja yang lebih banyak, bukan hanya lapisan saja, lebih mampu menerima tempaan panas. Cara pengujian kami simple, mau tahu klep itu bagus atau tidak ya cukup kamu tes lawan medan magnet apakah dia lengket kaya perangko atau tidak mau lengket???! Kalo mudah lengket kaya gambar dibawah berarti tuh bahan dasarnya kebanyakan dari besi ee… cape de. Kalo non magnetic base, wah… manteb kui. Bukan hanya Klep Ex, klep In juga Maknyusss… leher inlet mengecil seperti klep adik kelas kita karena itu memang memberi velocity yang lebih bagus. Payung klep berdesain tulip dengan radius yang mengarahkan outflow lebih bagus.
Dibuat di workshop yang biasa menerima order Klep untuk mesin kapal, dan wow… ternyata kita adalah bengkel motor pertama yang order ke dia, padahal di depan bengkelnya juga ada bengkel-bengkel mobil dan motor, kok ya gak pada tau Huehehehhehee… Sampai Koh yang punya workshop ngatain kita mekanik ngeyel karena kita balik 3 kali buat merayu-rayu supaya mau Halah… mau membuatkan klep itu maksudnya heheheh
Terus terang ongkos pembuatannya lebih tinggi, mana kita cuma order 2 biji, In dan Ex tok ndil buat satu motor, dengan ukuran batang 5.5mm dan payung klep 33/28. Klep inipun harus rela ditebus demi performa mesin yang handal Lagipula sang engkoh yang punya Bengkel bubut menjamin barangnya Ciamik soro tahan ampe lebih dari 16.000 RPM, weleh… gak mau bikin mesin Moto GP kok om… Wkwkwkwkw
Hufff… oke deh, sekian dulu masih banyak kewajiban menanti… Sekarang sibuk mengulur kabel roll, mau menyalakan Foredom dulu buat nge-Zuuunggg inlet port dan exhaust port, pokoknya Hi-CFM port deh… Tetap Sehat, Tetap Semangat biar bisa modifikasi mesin tiap Hari! Gas Polll…!!!
R.A.T MOTORSPORT .: Rumah Semua Rider :.
STREET :: RACING :: DRAG
Visit Our Garage @ Desa Tropodo Indah Blok N no. 26-28
Waru — Sidoarjo , postal code : 61256
Engine Customizing, Performance Upgrade, Camshaft Grinding, Bore Up, Stroke Up, Big Valve
CP : D.Swega [0856.455.77.007]
No comments:
Post a Comment